Sekarang saatnya kita membentuk bodi yang akan kita mulai dari bagian roda atau fender.
5. Pada view front, buatlah dua objek tube dengan jumlah side=14, sesuaikan ukurannya dg roda. Roda belakang lebih besar dari roda depan. Lalu geser ke kiri, sejajar dg tepi kiri objek v-top.
6. Convert objek tube menjadi Editable Poly. Pilih seluruh poly seperti pada scr shot. Klik tombol Uniform Scale, lalu shift+drag ke samping (sumbu x,y). Pilih Clone to Object lalu ketik bodi.
11. Kembali ke fender depan. Pada perspective view, seleksi dan tarik seluruh edge (tanda panah) searah sumbu y. Pada top view, atur vertex2 (tanda lingkaran) agar sejajar dengan garis fender pada blueprint.
12. Pada view Top, kopi lagi edges tsb dan atur sedemikian rupa, sejajar dg garis dari pillar-A sampai ujung depan.
13. Atur lagi vertex2 tsb spb. Anda bisa lakukan di view mana saja. Untuk sementara, usahakan hasilnya kurang lebih seperti pada screen shot.
14. Pada view left (lurus objek v-front), atur beberapa vertex sedemikian rupa sehingga bagian moncong (hood) mobil lebih rendah dari fender. Ikuti garis pada blueprint sebagai guide.
16. Luruskan seluruh vertex sejajar garis tengah blueprint.
Tips: untuk membuat seluruh edge/vertex lurus secara otomatis, tekan tombol Z pada control panel: Edit Geometri—Make Planar— Z.
17. Pada view top, atur lagi vertex searah panah, sehingga ujung depan mobil tampak sedikit maju dan gembung. Atur vertex2 sedemikian rupa. Perhatikan tanda lingkaran, ada salah satu vertex tampak tidak rata, geser sedikit searah panah.
18. Seleksi beberapa poly seperti pada scr shot, lalu delete
No comments:
Post a Comment