Wednesday, August 29, 2012

Modeling Bugatti-2


MODELING BODI
Sekarang saatnya kita membentuk bodi yang akan kita mulai dari bagian roda atau fender.

5. Pada view front, buatlah dua objek tube dengan jumlah side=14, sesuaikan ukurannya dg roda. Roda belakang lebih besar dari roda depan. Lalu geser ke kiri, sejajar dg tepi kiri objek v-top.



6. Convert objek tube menjadi Editable Poly. Pilih seluruh poly seperti pada scr shot. Klik tombol Uniform Scale, lalu shift+drag ke samping (sumbu x,y). Pilih Clone to Object lalu ketik bodi.

Sekarang sudah terbentuk objek baru bernama bodi. Berawal dari objek ini nantinya kita akan membentuk model 3D seluruh bodi mobil. Ubahlah warna bodi yang berbeda dg roda untuk memudahkan identifikasi.

7. Connect seluruh edge seperti gambar berikut. Aturlah nilai slide agar edge hasil koneksi lurus dg garis fender pada blueprint.

8. Seleksi border luar dari objek, lalu dengan mengunakan Uniform Scale, drag ke arah luar sampai sisi border sejajar garis fender pada blueprint.

9. Geser dan aturlah vertex-vertex yang bertanda lingkaran, mengikuti garis fender pada blueprint. Cut dan delete poly paling bawah (tanda garis merah), sejajar dg garis kolong mobil.

10. Kopi objek ini ke roda belakang, lalu atur lagi posisi vertex agar lurus dengan wheel arc. Karena roda belakang lebih besar, wheel arc juga lebih besar. Jagalah kerapian poly wheel arc karena sangat menentukan kualitas hasil modeling.

Sekarang kita sudah mendapatkan 2 buah fender (bodi & bodi01). Fender depan nantinya akan kita gunakan sebagai pembentuk separuh bodi bagian depan, sedang fender belakang sebagai pembentuk separuh bodi bagian belakang.

11. Kembali ke fender depan. Pada perspective view, seleksi dan tarik seluruh edge (tanda panah) searah sumbu y. Pada top view, atur vertex2 (tanda lingkaran) agar sejajar dengan garis fender pada blueprint.

12. Pada view Top, kopi lagi edges tsb dan atur sedemikian rupa, sejajar dg garis dari pillar-A sampai ujung depan.

Pada view perspective, coba perhatikan mungkin ada vertex yg tertinggal (tanda panah).

13. Atur lagi vertex2 tsb spb. Anda bisa lakukan di view mana saja. Untuk sementara, usahakan hasilnya kurang lebih seperti pada screen shot.

14. Pada view left (lurus objek v-front), atur beberapa vertex sedemikian rupa sehingga bagian moncong (hood) mobil lebih rendah dari fender. Ikuti garis pada blueprint sebagai guide.

Dilihat dari view front dan top, hasil modeling akan tampak spb:

15. Lalu kopi dan geser sebagian edge (kecuali tanda x) searah panah hijau, lalu atur lagi vertex2 tsb agar sejajar dg garis tengah blueprint.

16. Luruskan seluruh vertex sejajar garis tengah blueprint.
Tips: untuk membuat seluruh edge/vertex lurus secara otomatis, tekan tombol Z pada control panel: Edit Geometri—Make Planar— Z.

17. Pada view top, atur lagi vertex searah panah, sehingga ujung depan mobil tampak sedikit maju dan gembung. Atur vertex2 sedemikian rupa. Perhatikan tanda lingkaran, ada salah satu vertex tampak tidak rata, geser sedikit searah panah.

18. Seleksi beberapa poly seperti pada scr shot, lalu delete




















No comments:

Post a Comment