Wednesday, August 29, 2012

Redesign Veyron-1

BODI DASAR
Melanjutkan posting sebelumnya tentang modeling Bugatti Veyron, sekarang kita akan coba mendisain ulang mobil Veyron agar lebih keren dari aslinya. Prosesnya tinggal melanjutkan model sebelumnya yang masih berupa bentuk dasar, tanpa lampu, lubang gril, air scoop, dst. Untuk model bisa diunduh di sini.

PERSIAPAN
Sekarang kita akan coba modeling tanpa bantuan blueprint. Sebelum mulai praktek, lebih baik atur dulu posisi pivot tepat pada garis origin (sumbu y) untuk memudahkan penggunaan fitur symmetry nantinya.
1. Pilih objek bodi, hapus Symmetry dari modifier stack. Perhatikan posisi pivot yang berada pada pivot roda, karena memang objek bodi berasal dari roda.


2. Klik tombol Hierarchy > Pivot > Effect Pivot Only. Lalu klik kanan tombol Select and Move > lalu ketik 0 untuk sumbu y. Maka secara otomatis pivot akan pindah tepat pada garis origin sumbu y.

3. Gunakan lagi Symmetry (z), maka sekarang anda bisa dapati proses symmetry akan lebih mudah, objek akan tercermin pada sisi yang lain tanpa harus mengatur ulang posisi pivot.

4. Selanjutnya, kedua objek bodi perlu di-convert menjadi editable poly. Tujuannya untuk mendapatkan segmen garis atau polygon yang lebih banyak / rapat agar memudahkan untuk membentuk detil bodi. Caranya: Pada Turbosmooth, atur nilai Iteration=1, hilangkan tanda centang pada Isoline Display. Klik kanan > Convert > Convert to Editable Poly.


Hasilnya, anda akan mendapatkan model baru dengan rangkaian segmen garis dan poligon yang rapi, sedang Turbosmooth dan Symmetry hilang dari modifier stack.



5. Hapus lagi setengah bagian objek, lalu tambahkan lagi Symmetry dan Turbosmooth. Anda lihat pada garis2 bodi yang tadinya tajam sekarang tampak tumpul. Seperti pada garis gril, fender dan bodi samping

6. Pilih lagi segmen2 pada garis bodi tersebut, lalu ubah lagi nilai Crease=1.



Hasilnya spb:

No comments:

Post a Comment