Wednesday, August 29, 2012

Modeling Bugatti-1

Untuk mengawali posting di blog ini, saya akan hadirkan tutorial cara memodel bentuk dasar Bugatti Veyron di 3dmax. Tutorial ini ditujukan bagi pemula. Untuk mencobanya, setidaknya kamu harus sedikit paham tentang modeling objek di 3dmax dengan teknik Subdivision.

Sebelum praktek modeling, anda perlu siapkan terlebih dulu gambar blueprint serta beberapa gambar mobil Bugatti Veyron sebagai referensi. File blueprint bisa anda dapatkan di The-Blueprints.com.


BLUEPRINT SETUP
1. Sebelum memulai modeling, yang perlu anda lakukan adalah memotong blueprint menjadi 4 bagian/view. Anda bisa melakukannya di Photoshop atau program sejenis. Cara memotong usahakan sepresisi mungkin sehingga tidak ada celah antara garis bodi terluar mobil dengan garis tepi gambar. Hal ini akan mempermudah proses mapping (pengaturan material) nantinya.


2. Pada view perspektif, buat objek box di max dan sesuaikan parameter dengan specs mobil Bugatti Veyron. Lalu putar objek box 90 derajat agar tampilan objek memanjang horizontal jika dilihat dari view front dan top.



3. Convert objek box menjadi Editable Poly. Klik poly A, lalu shift+drag searah sumbu Y menuju A’. Pada dialog Clone Part of Mesh, pilih Clone to Object, lalu ketik v-side.
Lakukan hal yang sama pada poly B,C, dan D, ketik nama masing-masing berurutan: v-top, v-front, v-back.


4. Hide atau delete objek box. Buatlah 4 buah material, rename (ganti nama) masing-masing secara berurutan: side - top - front - back. Lalu terapkan pada objek v-side, v-top ….dst, sesuai dg nama masing2.



No comments:

Post a Comment